Sabtu, 12 Februari 2011

Berburu Hadiah Dan Upaya Pengurangan Sampah Plastik



Berburu Hadiah Dan Upaya Pengurangan Sampah Plastik

Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang sulit terurai sendiri oleh bakteri pengurai di dalam tanah. Sampah ini membutuhkan waktu 200 sampai 1.000 tahun untuk dapat terurai. Data dari Environment Protection Body, sebuah lembaga lingkungan hidup di Amerika Serikat, mencatat ada sekitar 500 miliar sampai 1 triliun tas plastik digunakan di seluruh dunia setiap tahunnya. Itu berarti, sampah plastik jumlahnya terhitung cukup banyak.

Untuk mengurangi sampah plastik itu, ada cara untuk "memendekkan" umur sampah plastik itu dengan membakarnya. Namun hal itu sangat berbahaya, karena kandungan limbah sampah plastik yang terlepas ke udara saat terbakar, dapat membahayakan kesehatan mahluk hidup, termasuk manusia.

Jikalau kita memperhatikan dengan seksama bahwa penyumbang sampah plastik terbesar adalah para produsen makanan kemasan dan kosmetik yang menggunakan bahan plastic sebagai pembungkus produk mereka. Sebagai salah satu contoh adalah produk kraft foods bermerek Biskuat.

Produsen makanan tersebut sekarang ini sedang mengadakan promosi undian berhadiah hingga 15 April 2011. Hal ini menurut saya adalah salah satu hal yang positif sebagai salah satu upaya untuk mengurangi masalah sampah plastik kita. Kerena produsen Biskuat tersebut mengharuskan mengirimkan kembali bungkus Biskuat tersebut untuk agar memenuhi syarat pengundian berhadiah. Produsen tersebut juga menyediakan sendiri kotak undianny ( drop box ) yang memudahkan konsumen yang mengikuti undian tersebut untuk mengikutinya. Drop box tersebut dapat diandaikan sebagai bak sampah berhadiah dari produsen makanan tersebut. Dengan demikian, dapat dibayangkan ribuan bahkan jutaan sampah plastic dari bungkus biskuat yang telah dimasukkan ke dalam dropbox oleh konsumen yang mengikuti undian tersebut telah disimpan dan tidak menjadi pencemar lingkungan hidup kita. Oleh karena itu, disamping kita berburu hadiah Biskuat, berarti kita juga telah berupaya untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan kita.

Semoga produsen yang lain dapat mengikuti langkah positif dari produsen biskuat tersebut. Sehingga smpah plastik di lingkungan kita betul-betul akan mengurangi pencemaran lingkungan akibat polusi sampah plastik bahkan jika dilakukan secara serempak dan terus menerus oleh semua produsen makanan dalam kemasan dan kosmetik yang menggunakan pembungkus dari bahan plastik dan semua konsumennya, maka hal ini akan menghilangkan sampah plastik dari lingkungan kita. Akan tetapi, tentu saja saya mengajak kita semuanya agar kita menjaga lingkungan kita dari sampah plastik pada saat mengikuti ataupun tidak mengikuti promosi berburu hadiah yang diadakan oleh suatu produsen makanan atau kosmetik tertentu. Marilah kita menjaga kebersuhan lingkungan kita dengan penuh kesadaran dengan membuang sampah pada tempatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar