Kamis, 23 Februari 2012

Apakah Cinta Dan Sayang Itu Beda?‎




#BBCdetikblog
Apakah Cinta Dan Sayang Itu Beda?
Untuk bisa berbicara tentang apakah cinta dan sayang itu berbeda, maka ada baiknya terlebih dahulu kita merujuk kepada definisi yang tepat dari kedua kata tersebut yang tentu saja rujukan utama kita adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI, Balai Pustaka, 1996 ), cinta adalah rasa sangat suka ( kepada ) atau rasa sayang ( kepada ), ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta ( kepada ) atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian, arti cinta dan kasih ( sayang ) itu hampir sama sehingga kata kasih ( sayang ) dapat dikatakan lebih memperkuat rasa cinta. Dari sini, dapat kita simpulkan bahwa cinta dan sayang tidak ada bedanya, akan tetapi mungkin penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari agak dibedakan yakni cinta lebih digunakan pada suami istri, pada Allah dan Rasulullah, pada Islam, Akhirat, Alam, dan lainnya, sedang pada anak, orang tua, keluarga dan sahabat digunakan kata sayang.
Cinta dan sayang merupakan salah satu sifat dasar yang dianugerahkan oleh Allah kepada semua makhluknya.  Yang jadi pertanyaan, perasaan apakah yang lebih dulu ada dalam setiap diri makhluk? Kalau menuru perasaan dan pengamatan saya, rasa sayang lebih dulu diadakan baru timbul rasa cinta. Begini uraiannya. Dengan rasa sayang yang dimiliki sang induk ataupun orang tua rela melakukan apa saja untuk melindungi anaknya dari bahaya, memenuhi kebutuhannya agar mereka terhindar dari derita dan sengsara. Begitu pula setiap orang akan rela membantu sahabat, atau orang lain yang tidak dia kenal keluar dari kesusahannya, maupun untuk berusaha mencegah kerusakan lingkungan karena adanya rasa kasih ( sayang ) tersebut. Dengan adanya rasa sayan itu nanti pada akhirnya akan ada ketertarikan hati antara seorang wanita dan pria yang dengan itulah akan mendorong mereka menuju pelaminan dan menghasilkan keturunan yang diantara mereka akan terjalin rasa kasih ( sayang ) antar keluarga.
Jadi meski kata cinta dan sayang dalam kamus tidak dibedakan sama sekali, akan tetapi beda pada penggunaannya dan sayang lebih dulu ada pada setiap makhluk baru kemudian akan timbul cinta. Dan yang lebih penting disini adalah bagaimana kita bisa memperoleh berkah dari rasa cinta dan sayang yang kita miliki? Jawabannya adalah ada pada niat ikhlas kita untuk menjadikan rasa cinta dan sayang kita itu benar-benar untuk beribadah kepada Allah. Niatkan rasa sayang kita kepada orang tua kita misalnya ketika membantu mereka benar-benar untuk mendapat pahala dan surga dari Allah semata sehingga bukan saja sayang orang tua yang akan kita dapatkan tetapi ridho Allah juga sudah pasti kita dapatkan. Begitu pula rasa sayang kita kepada teman, maupun orang yang tidak kita kenal ketika kita membantu mereka, ataupun ketika kita melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup niatkan semuanya ikhlas karena Allah, niscaya rasa cinta kita itu akan membawa keberkahan dan keridho'an dari Allah. Sehingga bukan cinta dan sayang dari makhluk saja yang akan kita peroleh akan tetapi kita sekaligus juga akan mendapat ridho dari Pencipta Makhluk yakni Allah Subhaanahu Wa Ta'aala. Indah nian bukan cinta dan sayang itu untuk ibadah itu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar