Sabtu, 22 Mei 2010

Menanam Tanaman Dalam Pot Dalam Rangka Memperingati Hari Kemerdekaan Sebagai Upaya Memelihara Kelestarian Lingkungan Hidup

Menanam Tanaman Dalam Pot Dalam Rangka Memperingati Hari Kemerdekaan Sebagai Upaya Memelihara Kelestarian Lingkungan Hidup
Menanam tanaman dalam pot tentu saja sudah sangat biasa didengar semua orang. Akan tetapi tidak semua orang senang untuk melakukannya apalagi menjadikannya sebagai sebuah hobi. Padahal dengan menanam tanaman dalam pot dapat memberikan beberapa manfaat yaitu, membuat hijau dan menambah asri lingkungan rumah yang pada saat ini jarang sekali perumahan yang memiliki pekarangan yan luas, jika ditempatkan secara soliter di teras rumah tanaman dalam pot bisa berfungsi sebagai penyaring udara, sehingga debu tidak terlalu banyak masuk ke dalam rumah, untuk tanaman buah dalam pot bisa menghalau debu yang beterbangan karena tinggi tajuk tanamannya pada umumnya seragam yaitu sekitar satu sampai dua meter, dan tentu saja dapat menghasilkan uang jika dijual. Dan tentunya tanpa disadari manfaat yang terbesar dari menanam tanaman dalam pot adalah kita telah ikut serta berpartisipasi dalam memelihara kelestarian linkungan hidup yaitu membantu mengurangi polusi yang terjadi di udara yang disebabkan oleh gas karbon monoksida dari asap kendaraan bermotor sehingga bisa membantu terciptanya udara yang sehat dan bersih di linkungan sekitar kita.
Menanam tanaman dalam pot juga sedikit bisa membantu mengurangi kerusakan linkungan akibat sampah plastik yang tidak bisa diuraikan sendiri oleh linkungan. Sampah plastik seperti ember ataupun gelas dan botol plastik bisa dijadikan sebagai pot tanaman.
Menanam bunga dan sayur sepertinya sudah biasa bagi masyarakat kita, akan tetapi menanam buah dalam pot sepertinya belum umum diketahui masyarakat. Jenis tanaman buah yang biasa ditanam dengan teknik ini antara lain mangga, jambu biji, belimbing, jeruk, srikaya, kedondong, durian, jambu bol, jambu air, nangka, duku, manggis, sawo, rambutan, delima, kelapa pandan, binjai, buah naga, dan tanaman buah lainnya yang ritme tumbuhnya tiga sampai empat bulanan
Menanam buah dalam pot sepertinya akan lebih menarik minat masyarakat karena memiliki manfaat ganda. Disamping manfaat yang tersebut diatas ada satu manfaat lagi yaitu tanaman buah dalam pot ini lebih rajin berbuah sehingga kebutuhan vitamin yang diperoleh dari buah tersebut bisa terpenuhi hampir sepanjang musim.
Perawatan tanaman buah dalam pot tidak tergolong sulit. Merawat tanaman buah dalam pot harus memperhatikan beberapa faktor secara khusus,. Pertama, penyiraman di musim kemarau sangat diperlukan. Jika memakai air PAM yang biasanya mengandung kaporit sebaiknya diendapkan terlebih dahulu semalam dan esoknya baru disiramkan. Usahakan jangan sampai air siraman menggenang lebih dari duabelas jam karena dapat merangsang timbulnya penyakit busuk akar. Pada musim panas disiram sehari sekali, begitu juga pada musim hujan.
Kedua, penggemburan. Usahakan media tanam tidak memadat. Pemadatan media biasanya terjadi karena penyiraman yang berlebihan. Lakukan penggemburan menggunakan sekop kecil. Hati-hati, jangan sampai merusak akarnya.
Ketiga, pemupukan. Meskipun media tanam menggunakan pupuk kandang, pupuk organik masih tetap diperlukan. Sampai umur dua tahun, setiap empat bulan, tambahkan NPK (15:15:15) sebanyak 25 gram per drum. Sejak umur tiga tahun dan seterusnya, setiap drum diberi 100 gram NPK (15:15:15). Caranya, benamkan pupuk NPK sedalam 10 cm, kemudian siram hingga cukup basah.
Keempat, penggantian tanah. Mengganti media tanah cukup dilakukan setahun sekali. Akan tetapi akan lebih baik lagi jika dilakukan dua kali dalam setahun. Jika akarnya sudah jebol, media pot harus segera diganti.
Kelima, pemangkasan. Contohnya rambutan, disamping untuk membentuk habitus tanaman agar tampak pendek, juga agar cabang dan pertumbuhannya seimbang. Pemangkasan perdana dilakukan saat tanaman berumur kurang dari setahun, atau tinggi batang sekitar 75-100 cm dari permukaan drum. Pilih tiga cabang primer. Bila panjang cabang primer mencapai 50 cm, pangkas ujungnya hingga tumbuh cabang-cabang sekunder. Pilih hanya tiga cabang sekunder per cabang primer. Selanjutnya, pangkas ujung cabang sekunder sampai tumbuh cabang tersier, dan pilih hanya tiga cabang tersier. Dari ketiga cabang tersier inilah akan terjadi pembungaan dan pembuahan.
Dengan besarnya manfaat dari menanam tanaman dalam pot tersebut, sudah saatnya pemerintah menjadikannya sebagai salah satu jenis lomba dalam rangka peringatan hari kemerdekaan kita. Dengan mewajibkan semua institusi dan semua masyarakat mengikuti lomba tersebut maka bisa dibayangkan bagaimana hijau dan asrinya negara kita. Karena disamping untuk memupuk jiwa patriot bangsa juga bisa membantu memelihara kelestarian lingkungan hidup kita yang sudah rusak baik oleh polusi udara maupun oleh polusi sampah. Semua tanaman dalam pot seperti bunga, sayur, dan buah bisa dilombakan, dan yang diutamakan adalah tanaman dalam pot plastik bekas karena dapat membantu mengurangi polusi sampah plastik dan karena tidak semua masyarakat kita mampu membeli pot tanaman yan bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar