Minggu, 30 Mei 2010

Inovasi Telkomsel

Dunia Tanpa Batas Dengan Inovasi Hebat Telkomsel

Pada saat ini bagi para pengguna telepon genggam atau yang lebih umumnya disebut HP (Hand Phone) atau ponsel tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama salah satu operator seluler di Indonesia yaitu Telkomsel. Akan tetapi mungkin tidak semuanya sudah mengetahui apa saja inovasi hebat yang telah diciptakan Telkomsel. Dan dengan inovasi hebatnya itu bisa membuat dunia kita semua menjadi tanpa batas baik dengan menggunakan HP ataupun netbook, PDA dan PC melalui dunia internet atau dunia maya. Dalam tulisan ini saya akan mencoba memaparkan apa dan bagaimana inovasi hebat Telkomsel membuat dunia kita menjadi tanpa batas. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Telkomsel bekerja pada jaringan 900/1800 MHz dan sudah menjangkau seluruh pelosok tanah air. Dalam upayanya memberikan layanan selular berkualitas bagi masyarakat, Telkomsel menggelar jaringannya hingga seluruh pelosok Indonesia selalu didukung dengan adanya titik-titik pelayanan sebagai garda depan perusahaannya yang bersentuhan langsung dengan pelanggannya. Sehingga Telkomsel “Begitu Dekat Begitu Nyata” dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Hingga saat ini sudah lebih dari 1 juta titik pelayanan telah dihadirkan Telomsel yaitu Call Center, GraPARI, GeraiHALO, kiosHALO, outlet authorized dealer, mitra ritel nasional, dan M-Kios. Bahkan pelayanan Telkomsel telah bersertifikasi manajemen mutu standar internasional ISO 9001:2008. Sedangkan di pasar internasional, jaringan Telkomsel telah mencakup 288 jaringan roaming internasional di lebih dari 155 negara. Telkomsel mempunyai beberapa produk yaitu simPATI, kartuHALO, KartuAs, Telkomsel Flash, dan beberapa seri HP Nexian seperi Nexian G381i..

Telkomsel patut kita banggakan karena Telkomsel adalah operator pertama di Indonesia yang menyediakan layanan 3G pada 14 November 2006. Dengan layanan 3G ini memungkinkan penggunanya mendownload video serta menjelajahi internet dengan kecepatan tinggi mencapai 2 Mbps (Megabyte per second). Jaringan 3G Telkomsel ini tersedia di 80 kota di Indonesia.

Layanan 3G Telkomsel ini memiliki ketentuan sebagai berikut. Pertama, Pre-requirement yaitu, Pelanggan kartuHALO, simPATI dan kartuAs; Telah mengaktifkan Layanan 3G (dengan mengirim SMS '3G' ke 3636); Menggunakan Handphone 3G; Menggunakan Jaringan Telkomsel; dan Berada pada Cakupan Jaringan (Network Coverage) 3G Telkomsel . Kedua, Khusus untuk Mobile Video (Video Streaming & Video Download) Handset harus disetting dengan cara mengirim sms: S(spasi)MERK(spasi)TYPE ke 5432 misalnya : S NOKIA N70

Ada beberapa jenis HP 3G yang bisa kita gunakan untuk memperoleh layanan 3G Telkomsel. Handphone 3G, dapat diketahui dari keterangan: 3G/UMTS/WCDMA/2100MHz (BUKAN TRIBAND: 900/1800/1900 MHz) yang ada pada merk dan tipe HP berikut:
1. Nokia: 6630, 6680, 6233, 6280, N70, N71, N73, N80, N90, N91, N93, E61, E70, E90, 6210c
2. Sony Ericsson: Z800, W900i, K600i, P990i, W950i, K800i, W850i, M600i, Z610i, K618i, K610i
3. Motorola: E1000, A1000, RAZR V3x, E770v
4. Samsung : Z500, SGH-Z560
5. LG : U880 Muse, u8360, u8330,
6. BenQ-Siemens: EF 91
7. Dopod: Dopod 900
8. Panasonic: P901iTV
9. Huawei: U626
10. O2 : XDA Exec 3G

Ada beberapa layanan 3G Telkomsel yang betul-betul membuat dunia kita tanpa batas. Pertama, kita dapat bertatap muka langsung dengan siapa saja yang kita telepon melalui layanan VIDEO CALL. Adapun cara melakukan Video Call adalah sebagai berikut. Pertama, untuk pelanggan kartuHALO/simPATI/ kartuAs (sesuai dengan ketentuan Pre-requirement); kedua, menekan tombol Video Call untuk melakukan layanan Video Call.

Kedua, Video Call Conference merupakan yang disediakan untuk menghubungkan tiga orang atau lebih dalam sebuah percakapan menggunakan video call. Layanan ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mengadakan "mobile meeting" menggunakan video call. Layanan ini dapat digunakan jika user sudah terdaftar pada layanan 3G, menggunakan handset berkemampuan 3G video call, dan berada pada area 3G Telkomsel.

Ketiga, layanan Video SMS. Dengan layanan ini pelanggan dapat mengirim pesan video ke sesame pengguna 3G Telkomsel. Adapun cara mengirim pesan Video SMS adalah sebagai berikut. Pertama, Tekanlah tombol 3605, pilih video call, kemudian tekan YES/OK. Sebagai contoh contoh: tekanlah tombol 36050813123xxx; kedua, rekamlah pesan setelah terdengar bunyi nada "beep" (durasi maksimum 3 menit) dan tekanlah tombol # untuk berhenti; ketiga, pilihlah menu yang sesuai dengan menekan tombol pada ponsel. Sedangkan cara untuk melihat pesan videoSMS adalah sebagai berikut. Tekanlah tombol 3605, pilih video call, kemudian ikuti petunjuk yang diberikan, dan pilihlah menu yang sesuai dengan menekan tombol pada ponsel

Keempat, dapat menikmati siaran televisi dari berbagai channel melalui HP dengan menggunakan layanan MOBILE TV. Adapun cara mengakses layanan Mobile TV adalah sebagai berikut. Pertama, untuk pelanggan kartuHALO/simPATI/kartuAs (sesuai dengan Pre-requirement); kedua lakukan Video Call ke Shortnumber TV Channel yang dikehendaki. Adapun Shortnumber dan Content TV Channel yang disediakan saat ini adalah: 8800 untuk Video Portal, 8801 untuk Metro TV, 8806 untuk SCTV, 8809 untuk Indosiar, 8811 untuk O Channel, 8810 untuk Space Toon, 8817 untuk Bali TV, 8829 Makasar TV, dan 8833 untuk CNBC.

Kelima, layanan MOBILE VIDEO merupakan layanan akses video on demand dengan melalui WAP Portal Telkomsel. Dengan layanan ini pelanggan dapat menikmati dan m emilih video-video pilihan. Video tersebut dapat dinikmati melalui streaming. Adapun cara mengakses Mobile Video (untuk Video Streaming dan Video Download) adalah sebagai berikut. Pertama, untuk pelanggan kartuHALO/simPATI/kartuAs (sesuai dengan ketentuan Pre-requirement; kedua,
Handset telah disetting dengan cara : mengirim sms: S(spasi)MERK(spasi)TYPE ke 5432, misalnya : S NOKIA N70; ketiga, pelanggan mengakses WAP Portal Telkomsel di wap.telkomsel.com. Melalui layanan MOBILE VIDEO ini, para pelanggan dapat mengakses dan mendownload semua hal yang diinginkan, yaitu mulai dari dunia olah raga, dunia musik, dunia berita, dunia film, dunia fashion, dunia religi, dunia anak, dunia budaya, dunia games, hingga dunia lifestyle dan entertainment.

Selain itu, Telkomsel juga memberikan layanan TelkomselGO! Layanan TelkomselGO! merupakan sebuah terobosan baru dalam berkomunikasi dan berinteraksi menggunakan berbagai macam layanan seperti e-mail, jejaring sosial, chatting, kontak, file sharing dan layanan-layanan lainnya melalui HP (tidak harus HP 3G, tetapi juga bisa HP dengan fasilitas WAP) atau perangkat lainnya yang memiliki akses internet seperti PDA atau PC.

Adapun cara mendapatkan layanan TelkomselGO! Adalah sebagai berikut. Pertama, kirimlah pesan berikut: REG GO4 ke 2468. Sebuah pesan dan link akan dikirimkan ke ponsel anda; kedua, kliklah link yang telah dikirimkan ke ponsel anda dan downloadlah Aplikasi TelkomselGO! Client, kemudian simpanlah password anda dengan aman dan pastikan anda memiliki paket data yang sesuai; ketiga, kliklah icon TelkomselGO! di ponsel anda, dan pilihlah layanan yang anda ingin tambahkan dan aktifkan. Adapun pilihan untuk berlangganan TelkomselGO! adalah sebagai berikut. Kirimlah SMS dengan salah satu keyword berikut ke 2468, untuk mengaktifkan salah satu paket TelkomselGO!. Adapun keywordnya adalah REG GO1, REG GO2, REG GO3, dan REG GO4.

Keyword REG GO1 adalah untuk berlangganan layanan TelkomselGO! selama 1 hari dengan paket data unlimited untuk semua fitur TelkomselGO! Kecuali YouTube dengan tarif Rp. 2.000. Keyword REG GO2 adalah untuk berlangganan layanan TelkomselGO! selama 3 hari dengan paket data unlimited untuk semua fitur TelkomselGO! Kecuali YouTube dengan tarif Rp. 5.000. Keyword REG GO3 adalah untuk berlangganan layanan TelkomselGO! selama 7 hari dengan paket data unlimited untuk semua fitur TelkomselGO! Kecuali YouTube dengan tarif Rp. 10.000. Dan Keyword REG GO4 adalah untuk berlangganan layanan TelkomselGO! selama 30 hari dengan paket data unlimited untuk semua fitur TelkomselGO! Kecuali YouTube dengan tarif Rp. 35.000.

Bagi para pengguna Netbook dan Personal Computer, Telkomsel juga menyediaan layanan mobile broadband Telkomsel Flash 3.5G sejak 6 April. Mobile broadband TELKOMSELFlash ini berbasis teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) dengan kecepatan akses maksimal hingga 7,2 Mbps. Jaringan 3.5G ini tersedia di 20 kota di Indonesia, dan jaringan GPRS/EDGE di seluruh pelosok Indonesia.
Dan yang lebih hebat lagi, sejak 4 November 2009, Telkomsel telah menambah layanan Telkomsel Next Generation Flash. Layanan ini mengimplementasikan teknologi HSPA+ (High-Speed Packet Access +) dengan kecepatan akses hingga 21 Mbps yang telah digelar di 24 kota di Indonesia.

Belum puas dengan inovasi hebatnya itu, Telkomsel juga akan memeberikan layanan terhebatnya kepada para pelanggannya dengan meluncurkan layanan mobile broadband teknologi Long Term Evolution (LTE). Dan sekali lagi Telkomsel merupakan operator seluler pertama di Indonesia yang akan memperkenalkan teknologi ini yang akan diujicobakan sebelum akhir semester pertama tahun 2010 ini. Dengan teknologi Long Term Evolution (LTE) ini yang memiliki akses data berkecepatan tinggi hingga mencapai 150 Mbps (downlink) dan 50 Mbps (uplink) akan dapat mendukung high definition streaming video, Voice over Internet Protocol (VoIP), dan aplikasi-aplikasi lain yang membutuhkan data kecepatan tinggi.

Sungguh hebat bukan inovasi dari Telkomsel? Jadi, seluruh rakyat Indonesia yang ingin mengakses informasi dunia tanpa batas dengan akses data berkecepatan sangat tinggi sekarang sangatlah mudah yaitu hanya dengan menjadi pelanggan Telkomsel. Oleh karena itu, tunggu apalagi, kita semua tidak perlu berfikir panjang lagi, bergabunglah sekarang juga bersama 83 juta pelanggan Telkomsel lainnya untuk ikut merasakan bagaimana dunia kita menjadi tanpa batas dengan inovasi hebat dari Telkomsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar